0

Pengertian Reksadana Serta Jenisnya

Sebelum memulai investasi reksadana sebaiknya anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian reksadana. Hal ini sangat penting khususnya untuk investor pemula agar investasi menjadi lebih terarah. Untuk lebih jelasnya teman-teman dapat terus membaca informasi berikut ini.

pengertian reksadana
pengertian reksadana berserta jenis-jenisnya

Pengertian Reksadana

Baik, disini saya akan mencoba menjelaskan dengan bahasa yang ringan saja ya. Background saya juga bukan dari orang keuangan jadi kalau pakai bahasa-bahasa orang keuangan saya juga tidak begitu paham. Jadi bagi teman-teman yang ingin investasi reksadana teman-teman bisa memahami pengertian reksadana dengan perumpamaan sebagai berikut.

Ada sebuah warung dengan seorang pemiliknya. Anda berniat untuk memberikan modal dengan harapan anda mendapatkan keuntungan dari si pemilik warung. Dengan modal yang telah anda berikan kemudian pemilik warung memutar kembali uang anda untuk mendapatkan keuntungan. Dari keuntungan tersebut pemilik warung memberikan beberapa bagian kepada anda.

Secara sederhananya untuk memahami pengertian reksadana kurang lebih seperti itu.

Nah, selanjutnya teman-teman perlu mengetahui juga istilah-istilah dalam reksadana. Anda sebagai pemilik modal disebut sebagai investor. Sedangkan pemilik warung disebut sebagai manager investasi.

Manager investasi disini bisa berupa sebuah corporate atau perusahaan, bisa juga perorangan. Manager investasi akan menempatkan modal investasi anda pada beberapa portofolio investasi.

Jenis-Jenis Reksadana

Oleh manager investasi, uang anda akan dikelola untuk ditempatkan kedalam beberapa jenis reksadana. Berikut ini jenis-jenis reksadana yang ada. Masing-masing jenis reksadana memiliki karakter risiko yang berbeda.

Reksadana Pasar Uang

Jenis reksadana pasar uang merupakan jenis reksadana yang sangat cocok untuk investor pemula. Bagi teman-teman yang ingin mencoba investasi reksadana dengan tingkat risiko yang rendah bisa mencoba reksadana pasar uang.

Reksada Obligasi

Reksadana obligasi atau bisa disebut sebagai reksadana pendapatan tetap merupakan jenis reksadana yang sebagian besar diinvestasikan untuk obligasi atau surat hutang pemerintah maupun perusahaan yang jatuh temponya diatas 1 tahun.

Reksadana Saham

Bagi teman-teman yang menginginkan keuntungan yang besar bisa berinvastasi pada reksadana saham. Namun jenis reksadana ini memiliki tingkat risiko yang tinggi. Tidak disarankan untuk investor pemula yang menghindari risiko terlalu tinggi.

Reksadana saham merupakan jenis reksadana untuk jangka waktu yang panjang. Jadi keuntungannya baru akan terasa kurang lebih 5 tahun yang akan datang.

Lalu dimana anda bisa berinvestasi reksada?

Saat ini ada beberapa pilihan aplikasi reksadana terbaik yang bisa teman-teman pilih sebagai tempat untuk menabung reksadana. Namun sebelumnya saya sarankan untuk teman-teman memahami kelemahan dan kelebihan masing-masing aplikasi tersebut.

Yuli

Pagi bekerja, Malam menulis. Blogger asal Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *