5

Inilah 5 Pakan Alami Ikan Guppy Agar Cepat Besar

Pakan alami ikan guppy merupakan jenis pakan yang terbaik untuk ikan guppy. Salah satu manfaatnya yaitu untuk membantu proses pertumbuhan ikan guppy. Memang tidak salah bila memberi makan ikan guppy cukup menggunakan pelet atau pakan instan. Namun jika ingin memacu pertumbuhan secara maksimal kamu bisa menambah makanan tambahan dengan pakan alami.

Apa saja pakan alami ikan guppy? Ikan guppy sendiri pada dasarnya merupakan ikan yang hidup di habitat seperti di sungai, selokan, sawah dll. Jadi di alam bebas ikan guppy memakan pakan alami seperti cacing sutra dan kutu air yang banyak dijumpai di alam bebas.

Berikut ini merupakan pakan alami ikan guppy yang mudah untuk didapatkan dan bermanfaat untuk pertumbuhan ikan.

5 Jenis Pakan Alami Ikan Guppy

Sebelumnya untuk teman-teman ketahui, pakan alami yang saya maksud ini merupakan pakan hidup yang biasa dijumpai ikan guppy di alam bebas. Pakan alami ini bisa teman-teman beli atau bisa juga kultur sendiri. Dengan mengkultur sendiri atau membudidaya pakan alami sendiri tentu lebih menghemat anggaran pakan alami ikan guppy.

1. Cacing Sutra

cacing sutra pakan alami ikan guppy
sumber gambar : bulelengkab.go.id

Cacing sutra merupakan pakan alami yang paling banyak digunakan oleh peternak ikan guppy. Cacing sutra bermanfaat untuk perkembangan tubuh ikan guppy. Teman-teman bisa mencoba melakukan eksperiman dengan memberikan makan ikan guppy dengan pakan instan dan pakan alami khususnya cacing sutra. Pasti hasilnya sangat memuaskan ikan yang diberi pakan alami cacing sutra.

2. Kutu Air

Kutu air memiliki nama latin Moina Sp. Bergerak dalam air dengan meloncat-loncat seperti kutu sehingga dinamakan kutu air. Kutu air bisa terlihat dengan jelas dimalam hari dengan menyinari permukaan air mereka akan menuju ke sumber sinar.

kutu air pakan alami ikan guppy
sumber gambar : floradanfauna.com

Kutu air memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi ikan guppy. Cocok sekali sebagai pakan burayak ikan guppy. Kutu air juga sangat mudah sekali untuk dikultur. Salah satu media yang bagus untuk kultur kutu air dengan menggunakan air hijau bekas kolam ikan lele. Selengkapnya tentang cara kultur kutu air akan saya informasikan khusus pada pembahasan kultur kutu air. Tunggu ya.

3. Jentik Nyamuk

jentik nyamuk pakan alami ikan guppy
sumber gambar : pku-tangkala.soppengkab.go.id

Jentik nyamuk bisa juga digunakan sebagai pakan alami ikan guppy. Cara kulturnya sangat mudah, tempatkan wadah yang berisi air dan tempatkan di tempat yang teduh dan lembab. Beberapa hari kemudian akan muncul jentik-jentik nyamuk yang siap untuk pakan ikan guppy.

4. Infusoria

infusoria pakan alami ikan guppy
sumber gambar : pertanianku.com

Infusoria bentuknya hampir mirip dengan kutu air namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Dengan ukuran yang sangat kecil, infusoria sering digunakan peternak ikan guppy sebagai pakan buraya. Cara untuk kultur infusoria pun sangat mudah untuk dilakukan. Cukup dengan menampung air didalam wadah atau ember dan tambahkan dengan daun pisang yang sudah kering. Tunggu beberapa hari maka infusoria akan muncul.

5. Artemia

Artemia merupakan jenis udang yang berukuran sangat kecil. Hewan ini biasa hidup di air dengan kada garam yang tinggi. Artemia memiliki kandungan yang baik bagi perkembangan ikan guppy. Sebenarnya saya sendiri belum tahu betul bagaimana cara mendapatkan artemia di alam bebas. Namun jika teman-teman ingin menggunakan artemia sebagai pakan alami ikan guppy, teman-teman dapat membeli artemia yang belum ditetaskan.

artemia pakan alami ikan guppy
sumber gambar : lalaukan.com

Baca juga : Cara menetaskan telur artemia

Memang harganya agak sedikit mahal, namun hasil yang didapatkan sangat memuaskan. Ikan guppy menjadi lebih cepat besar dan sehat. Artemia bisa digunakan untuk makanan burayak maupun ikan guppy dewasa.

Cara Memberi Makan Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan jenis ikan yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Cukup dengan menjaga kualitas air dan pemberian pakan yang tepat sudah cukup untuk merawat ikan guppy. Sebaiknya untuk pemberian pakan ikan guppy diselingi dengan pemberian pakan instan dan pakan alami.

Waktu pemberian makan yang tepat cukup dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Jika siang hari ingin memberi makan ikan guppy juga tidak masalah. Namun harus diperhatikan porsi pemberian pakannya. Jangan sampai ada sisa makanan yang mengendap di air. Sisa makanan yang mengendap akan menyebabkan air tercemar dan menjadi racun. Hal tersebut sangat berbahaya bagi ikan ikan guppy.

Itulah beberapa jenis pakan alami ikan guppy yang bisa membuat perkembangan tubuh ikan guppy cepat besar. Murah dan mudah untuk didapatkan. Jika teman-teman punya rekomendasi pakan alami lainnya bisa ditambahkan pada kolom komentar dibawah ini.

Yuli

Pagi bekerja, Malam menulis. Blogger asal Kebumen.

5 Comments

    • Sekarang ini selain ikan cupang, ikan guppy juga lagi trend lho mang. Iya belum ada gambarnya. Nanti ada artikel khusus jenis-jenis ikan guppy.

  1. Paling gampang pakannya jentik nyamuk… tinggal siapin ember kasih air..dateng sendiri deh nyamuknya… Mantap sekarang,,, mainannya WP… saya malah sudah pensiun WP 2 tahun yg lalu…

    • Iya mas, saya pakai wp buat target lokal bisnis juga. Blogspot saya gak tau knp spamscore jd tinggi. Walaupun bukan penilaian google rasanya jadi susah naik.

      Apalagi sesudah kena disemperit google AdSense. Katanya sih ada artikel yg tidak sesuai pedoman.

      Sekarang lagi coba berjuang dgn WP hehe…

  2. Saya pernah juga punya blog WP, kang.. tapi gak keurus, malah lupa nama blognya apa, hihi…

    Padahal kalau dari segi tampilan, WP gak kalah keren ya sama blogspot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *