0

7 Makanan Pemicu Asam Urat Ini Sebaiknya Dihindari

Makanan Pemicu Asam Urat – Asam urat merupakan sebuah penyakit yang kini tidak lagi memandang usia. Bahkan kini anak-anak muda sudah banyak yang mempunyai penyakit asam urat. Gejala asam urat biasanya ditandai dengan nyeri pada persendian, sendi terasa panas dan kemerahan. Jika sudah mengalami gejala tadi, maka anda patut waspada dengan menghindari makanan pemicu asam urat.

Asam urat sebenarnya dipicu oleh kadar purin di dalam tubuh yang tinggi. Kadar purin tersebut pada saat tubuh memecah purin yang menumpuk di persendian. Secara normal asam urat larut di dalam darah yang kemudia hilang melalui urin. Tetapu dalam beberapa kasus, asam urat yang ada di dalam ginjal atau darah lepas melalui urin hanya dalam jumlah sedikit. Akibatnya gangguan asam urat pun menyerang persendiaan.

Makanan Pemicu Asam Urat

Penting bagi kita untuk menghindari mengkonsumsi jenis-jenis makanan pemicu asam urat. Apalagi bagi anda yang sebelumnya memang mempunyai riwayat penyakit asam urat, maka jangan sembarangan mengkonsumsi makanan.

Daftar Makanan Pemicu Asam Urat Yang Harus Dihindari

Dibawah ini adalah beberapa daftar makanan yang harus dihindari jika anda memiliki penyakit asam urat.

1. Jeroan

Beberapa orang mungkin suka dengan jeroan, misalnya jeroan kambing, sapi atau auam. Tapi harus anda ketahui bahwa makanan jeroan tersebut memiliki kandungan kadar purin yang tinggi sehingga makanan tersebut akan meningkatkan kadar asam urat.

2. Seafood

Makanan laut atau seafood yang sering dikonsumsi seperti ikan, kepiting, udang atau kerang ternyata termasuk makanan pemicu asam urat. Ketika sudah diolah atau dimasak kolesterol pada seafood akan meningkat. Memang seafood memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Sebaiknya anda hindari mengkonsumsi seafood ketika menderita asam urat.

3. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi juga wajib dihindari oleh penderita asam urat. Sebab daging sapi memiliki tingkat kolesterol dan puring yang tinggi. Tentu secara langsung bisa memicu munculnya asam urat.

4. Makanan Olahan

Penderita asam urat juga sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan olahan. Olahan daging misalnya, tidak disarankan karena memiliki kadar puring yang cukup tinggi. Tidak terkecuali dengan makanan olahan yang ada di dalam kaleng. Karena biasanya makanan olahan di dalam kaleng juga mengandung kadar puring yang tinggi. Sebisa mungkin minimalisir mengkonsumsi makanan olahan.

5. Daging Kalkun dan Angsa

Daging kalkun dan angsa merupkan jenis daging yang paling enak dikonsumsi. Meskipun demikian bagi anda yang kadar asam uratnya tinggi tidak disarankan untuk mengkonsumsi kedua jenis daging tersebut. Daging kalkun dan angsa tergolong daging putih yang paling banyak memiliki kadar puring di dalamnya.

6. Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau dibatasi untuk dimakan oleh penderita asam urat. Diantaranya bayam, kacang polong dan asparagus. Ketiga sayuran tersebut memiliki kadar puring yang tinggi. Selain sayuran-sayuran tersebut, sayuran yang juga harus dibatasi oleh penderita asam urat adalah kembang kol dan jamur. Penderita asam urat tetap boleh mengkonsumsi sayuran-sayuran hijau tersebut, meskipun dengan jumlah yang tidak berlebihan.

7. Minus manis

Minuman dengan rasa manis seperti minuman manis bersoda, rasa buah dan minuman dalam kemasan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Rasa manis yang timbul dari gula berjenis fruktosa justru bisa merangsang produksi asam urat yang lebih banyak.

Itulah beberapa makanan pemicu asam urat. Agar terhindar dari penyakit asam urat sebaiknya anda hindari atai batasi mengkonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan di atas.

Yuli

Pagi bekerja, Malam menulis. Blogger asal Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *