Contoh Kata-Kata Sungkeman Pernikahan Bahasa Jawa

Kata-Kata Sungkeman Pernikahan Bahasa Jawa – Sungkeman pernikahan merupakan sebuah bagian tradisi dalam proses acara pernikahan. Khusus di daerah jawa sungkeman biasanya dilakukan kedua mempelai kepada orang tua. Biasanya dilakukan hanya sekedar sungkem tanpa mengucapkan kata-kata. Ada pula yang melakukan sungkem dengan mengucapkan beberapa kalimat. Berikut ini contoh kata-kata sungkeman pernikahan bahasa jawa.

Sebelumnya artikel saya tentang kata-kata sungkeman pernikahan bahasa jawa pada blog terdahulu selalu kebanjiran pengunjung terutama di musim-musim kawin seperti ini. Untuk itu saya mencoba kembali mengangkat judul ini siapa tahu blog ini juga jadi rame hehehe.

Tapi yang beda, dulu saya menulis artikel tersebut saat masih bujangan dan kini saya sudah mempunyai seorang istri dan sebentar lagi dikarunia seorang malaikat kecil. Alhamdulillah. Semoga bagi kalian yang masih sendiri segera menemukan jodoh dan jangan lama-lama langsung saja bawa ke pelaminan jika sudah sama-sama cocok.

Setelah menikah saya jadi tahu ternyata prosesi pernikahan itu setidaknya ada 3 macam yaitu prosesi nikah nasional, syarii, dan adat. Untuk prosesi menikah secara adat tentunya berbeda-beda antara daerah yang satu dengan yang lainnya mengingat begitu luasnya negara kita Indonesia yang sangat kaya akan adat dan budayanya.

kata-kata sungkeman pernikahan bahasa jawa
sumber gambar : dokumen pribadi

Sesuai judul saya akan berbagi informasi tentang kata-kata sungkeman pernikahan bahasa jawa. Proses sungkeman memang tidak selalu ada dalam setiap pernikahan. Seperti yang sudah saya katakan beda daerah beda adatnya masing-masing. Bagi kamu yang mau melangsungkan pernikahan dengan ada acara sungkeman mungkin informasi ini bisa membantu kamu.

Contoh Kata-Kata Sungkeman Pernikahan Bahasa Jawa

Contoh ucapan sungkeman ini saya dapat dari teman saya yang merupakan seorang MC dan sudah terbiasa mengisi acara pernikahan. Dia juga sangat pandai untuk membawakan sebuah acara dengan bahasa jawa.

Berikut ini contoh kata-kata sungkeman pernikahan bahasa jawa :

Duh Bopo, sungkem kulo dateng panjenengan mboten namung nyusun idzi pangestu dateng panjenengan bilih kawulo badhe mbangun griyo ingkang enggal. Mugi-mugi kanthi ridho lan pangestu panjenengan, keluarga kulo dados keluarga ingkang sakinah, mawaddah, warrohmah.

Diatas hanya salah satu contoh saja. Kamu bisa menggunakan kata-kata lainnya. Intinya dalam sungkeman adalah meminta doa restu dari orang tua untuk menjadi keluarga samawa. Kamu juga bisa meminta bantuan dari orang-orang sepuh misalnya eyang atau mbah yang bisa membantu membuat kata-kata sungkeman pernikahan bahasa jawa. Biasanya kalau orang tua yang sudah sepuh sudah berpengalaman merangkai bahasa jawa secara halus.

Buat kamu yang akan menikah bisa menggunakan contoh kata-kata sungkeman pernikahan bahasa jawa yang sudah saya tulis. Semoga acara pernikahanmu lancar ya. Saya doakan juga untuk kamu yang akan menikah semoga menjadi keluarga yang samawa dan segera mendapatkan momongan. Aamiin.

Tinggalkan komentar