0

7 Langkah Cara Mencuci di Mesin Cuci Sharp

Sejak kecil saya biasa mencuci baju dengan cara ngucek pakai tangan. Namun sejak menikah saya menggunakan mesin cuci merk Sharp untuk membantu istri saya mencuci pakaian sehari-hari. Maklum, sebagai anak desa yang tidak pernah menggunakan mesin cuci saya bingung saat pertama kali menggunakan mesin cuci. Tapi setelah istri saya mengajarkan cara mencuci di mesin cuci Sharp, saya jadi bisa mencuci pakain sendiri dengan mesin cuci.

Pengalaman ini mungkin terlihat konyol dan sangat kampungan. Namun bagi kamu yang benar-benar tidak bisa cara mengoperasikan mesin cuci Sharp informasi ini akan sangat berguna. Baca sampai habis ya.

Cara Mencuci di Mesin Cuci Sharp Agar Cepat Bersih dan Kering

Mencuci baju dengan mesin cuci memang bukan hal yang mudah terutama bagi seseorang yang memang sebelumnya tidak pernah menggunakan mesin cuci. Padahal apabila sudah tahu bagaimana cara mengoperasikan mesin cuci Sharp maka kamu bisa mencuci baju dengan praktis dan tanpa capek-capek ngucek tentunya.

Pada prinsipnya mencuci dengan mesin cuci maupun secara manual memakai tangan langkah-langkahnya sama saja. Cuci, bilas, cuci lagi, bilas lagi, lalu keringkan baju dengan dijemur. Enaknya menggunakan mesin cuci yaitu cucian lebih cepat kering karena setelah dibilas untuk yang kedua kali cucian baju lalu dimasukkan kedalam tabung pengering.

cara mencuci di mesin cuci sharp
cara mencuci di mesin cuci sharp

Namun menurut cerita emak-emak yang saya dengar hasil antara mencuci pakai mesin cuci dan dengan tangan hasilnya lebih bagus mencuci dengan dikucek memakai kedua tangan. Alasannya karena kotoran bisa hilang dengan maksimal karena proses kucekan dengan tangan. Berbeda dengan mesin cuci yang hanya diputar-putar didalam tabung pencucian.

Disini saya akan meceritakan pengalaman bagaimana saya mencuci baju menggunakan mesin cuci merk Sharp. Kebetulan saya memakai merk Sharp. Namun sepertinya langkah-langkah dalam pengoperasian mesin cuci tidak terlalu jauh antara Sharp dengan merk mesin cuci lainnya.

Langkah-Langkah Cara Mencuci Di Mesin Cuci Sharp

cara mencuci di mesin cuci sharp

1. Siapkan pakaian kotor yang akan dicuci

Kumpulkan pakaian kotor yang akan dicuci. Pisahkan menurut warna, biasanya ini anjuran dari beberapa merk detergen. Kalau saya campurkan saja pakaian yang akan saya cuci. Masukkan seluruh pakain yang akan dicuci kedalam tabung pencucian.

2. Isi air dan masukkan detergen

Jangan lupa isi air ke dalam mesin cuci melalui saluran kran yang sudah disediakan. Banyaknya air secukupnya saja. Tergantung dari banyaknya pakaian yang akan dicuci. Bila dirasa air sudah cukup matikan kran pengisian air. Selanjutnya masukkan detergen secukupnya juga.

3. Cuci Tahap Pertama

Putar tuas pada bagian WASH TIMER, atur lama pencucian ke arah angka 15. Sepertinya ini proses pencucian akan berlangsung selama 15 menit. Pemahaman saya sih begitu. Pengaturan bisa di setting sampai 45 menit. Namun saya biasa memakai 15 menit untuk proses mencuci baju tahap pertama.

4. Bilas Tahap Pertama

Setelah 15 menit pertama selesai, proses mencuci akan berhenti secara otomatis. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses bilas tahap pertama yaitu mengeluarkan seluruh air yang tadi digunakan untuk mencuci. Caranya putar tuas pada bagian CYCLE SELECTOR ke arah tulisan DRAIN. Air dari tabung pencucian akan keluar melalui slang pembuangan yang ada dibelakang mesin cuci. Pastikan air pencucian tahap pertama sudah terbuang semuanya. Lalu kembalikan lagi tuas pada tulisan NORMAL.

5. Cuci Tahap Kedua

Proses mencuci tahap kedua langkah-langkahnya sama persis seperti mencuci pada tahap pertama.

6. Bilas Tahap Kedua

Proses bilas tahap kedua langkah-langkahnya sama persis seperti mencuci pada tahap pertama.

7. Proses pengeringan

Selanjutnya masuk pada proses pengeringan baju. Pindahkan baju yang sudah melalui proses pencucian ke dalam tabung pengering. Pastikan untuk memasukkan baju secara benar kedalam tabung pengering agar pada saat proses pengeringan mesin cuci tidak bergertar hebat. Biasanya saya putar tuas pada SPIN-DRY TIMER ke arah angka 2. Setelah dipastikan mesin cuci tidak bergertar saya putar kembali tuas ke arah angka 5. Tunggu selama 5 menit maka proses pengeringan akan selesai.

Kesimpulan

Mencuci dengan menggunakan mesin cuci memang sangat memudahkan pekerjaan. Baju juga lebih cepat kering karena melalui proses pengeringan. Cara mencuci di mesin cuci Sharp juga sangat mudah untuk dipahami. Meskipun berbeda merk namun pengaturan pencucian tidak akan berbeda jauh.

Yuli

Pagi bekerja, Malam menulis. Blogger asal Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *