0

6 Cara Membuat Anak Menjadi Cerdas

Cara Membuat Anak Menjadi Cerdas – Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang tua selalu menginginkan memiliki anak yang tumbuh secara normal. Berkembang menjadi anak yang pintar dan cerdas. Adalah orang tua yang memiliki peran penting dalam setiap tahap perkembangan yang dialami oleh seorang anak. Bahkan bisa dikatakan hitam putihnya seorang anak akan tergantung dari cara merawat serta cara membimbing dan mendidik yang diterapkan oleh orang tua. Ketelitian serta kesabaran akan selalu dituntut dalam proses perkembangan anak agar anak kelak mampu tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, pintar, dan cerdas.

cara membuat anak menjadi cerdas

Cara mendidik anak yang baik tentu sangat memiliki peran yang sangat penting. Dimanan pola yang diterapkan orang tua dalam merawat dan membimbing anak-anaknya dapat merupakan sebuah pondasi dalam perkembangan anak itu sendiri. Untuk membentuk seorang anak yang cerdas sesungguhnya harus dilakukan sejak dini ketika anak lahir, dimana sebagian orang tua dituntut ketekunan penuh, terlebih ketekunan dan ketelatenan dari seorang ibu.

Cara Membuat Anak Menjadi Cerdas

Untuk membentuk seorang anak menjadi pintar dan cerdas ada beberapa hal yang sangat perlu untuk diperhatikan oleh semua orang tua, antara lain adalah :

1. Memberikan ASI

Memberikan ASI atau air susu ibu merupakan kewajiban penuh dari seorang ibu. Berikan semaksimal mungkin ASI kepada anak semenjak dia lahir. ASI merupakan sebuah asupan makanan terbaik untuk anak yang mampu menopang perkembangan anak dengan sehat, meningkatkan kekebalan tubuh yang dimiliki oleh seorang anak serta merupakan sebuah media penting untuk lebih mendekatkan hubungan dari seorang anak dengan ibunya. Sudah banyak terbukti bahwa seorang anak yang tercukupi ASI nya akan menunjukkan perkembangan badan maupun otaknya jika dibandingkan anak yang tidak tercukupi kebutuhan ASI nya.

2. Mengajak berbicara sejak bayi

Cara yang satu ini juga harus dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan respon otak yang dimiliki anak. Meskipun seorang bayi belumlah mampu untuk berbicara namun sesungguhnya dengan cara rajin mengajaknya berbicara daya rekam yang dimiliki anak akan menampung semua kata-kata yang didengarnya. Hal tersebut tanpa tidak sengaja akan melatih kemampuan otak dalam mengenali beberapa suku kata yang dilontarkan oleh ibu maupun ayahnya.

3. Membacakan cerita sebelum tidur

Membacakan cerita sebelum tidur selain akan menambah kata yang tersimpan di otak seorang anak, memberikan cerita atau dongeng pasa saat anak menjelang tidur juga akan mampu meningkatkan kemampuan anak dalam bertutur kata.

4. Mengajak anak untuk bermain

Dengan mengajak anak untuk memainkan sebuah permainan akan membuat anak mengenali hal-hal yang baru yang sebelumnya belum mereka temui. Mengajak seorang anak untuk bermain juga akan melatih seorang anak mengendalikan emosi yang dimilikinya.

5. Mengajarkan anak untuk memainkan beberapa alat musik

Cara yang satu ini merupakan sebuah cara membuat anak menjadi cerdas yang akan mampu meningkatkan perkembangan IQ seorang anak. Perkenalkan anak pada beberapa alat musik yang ada dan kemudian ajarkan untuk dapat memainkannya

6. Menjaga kesehatan anak

Kesehatan adalah hal terpenting dan mendasar dalam membentuk anak yang cerdas. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan anak serta melatihnya untuk melakukan beberapa jenis olahraga ringan.

Kesimpulan

Cara membuat anak menjadi cerdas memang bukanlah sebuah cara yang dapat begitu saja dilakuka oleh orang tua. Akan tetapi akan selalu menuntut kesabaran dan ketekunan penuh dari semua orang tua. Dengan kesabaran dan ketekunan maka tidak ada yang tidak mungkin, maka andapun akan memiliki anak yang pintar dan cerdas.

Yuli

Pagi bekerja, Malam menulis. Blogger asal Kebumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *