5 Cara Budidaya Ikan Guppy Di Ember

Cara Budidaya Ikan Guppy Di Ember – Ikan guppy merupakan ikan yang memiliki ukuran tubuh yang kecil namun dengan corak dan warna yang beraneka macam. Keunikannya tersebut membuat banyak orang tertarik ingn memeliharanya. Namun tidak sedikit juga orang melihat ini sebagai peluang usaha dengan cara membudidayakannya.

Di alam bebas biasaya ikan guppy hidup dengan habitat air yang tenang. Oleh karena itu jenis ikan ini tergolong sangat mudah untuk dibudidayakan. Tidak seperti budidaya ikan lele yang membutuhkan tempat yang luas. Untuk memelihara ikan guppy kamu bahkan bisa memanfaatkan lahan yang sempit dengan media yang mudah temukan misalnya budidaya ikan guppy di ember

cara budidaya ikan guppy di ember
ternak ikan guppy di ember baskom

Perawatan ikan guppy juga tergolong sangat mudah dilakukan. Kamu bisa memberi makan ikan guppy 2 kali dalam sehari, pagi dan sore. Untuk pertumbuhan yang lebih baik kamu bisa memberi pakan alami seperti kutu air dan cacing sutra. Selain itu kamu juga bisa memberi makan dengan pakan instan atau pelet yang saat ini sudah banyak dijual.

5 Langkah Cara Budidaya Ikan Guppy Di Ember

Cara budidaya ikan guppy di ember adalah solusi yang sangat tepat jika kamu tidak memiki lahan yang luas. Dengan memanfaatkan ember bekas pun kamu sudah bisa untuk memulai beternak ikan guppy. Berikut ini langkah-lankahnya :

1. Siapkan ember

Siapakan media ember sebagai tempat budidaya ikan guppy. Kamu bisa megunakan ember biasa, ember baskom, maupun ember bekas cat tembok. Jika kamu tidak memiliki ember dan berniat untuk membelinya, kamu bisa membeli di toko perlengkapan rumah tangga. Harganya sangat terjangkau dari mulai 8rb hingga 15rb tergantung ukuran ember yang akan kamu beli. Jangan lupa untuk mencuci ember hingga bersih tanpa menggunakan sabun.

2. Masukkan air

Masukkan air bersih kedalam ember dengan kedalaman kurang lebih 15cm. Air yang bagus adalah air yang sudah diendapakan kurang lebih 2 hingga 3 hari. Namun jika kualitas air dirumahmu bagus kamu bisa langsung pakai air tersebut.

Jika kamu menggunakan air PDAM maka air harus diendapkan terlebih dahulu 2 hingga 3 hari agar kandungan kaporit mengendap didasar air. Jika tidak diendapkan dan langsung dipakai untuk memeliharan ikan guppy biasanya hidupnya tidak akan bertahan lama karena kualitas air yang buruk.

3. Masukkan probiotik

Berbicara masalah kualitas air kamu bisa menambahkan probiotik kedalam air. Fungsi probiotik ini sebagai mikroorgnisme yang nantinya membantu untuk mengurai kotoran dan sisa makanan didalam ember. Kualitas air didalam ember juga menjadi lebih jernih. Kamu bisa membeli probiotik di toko perikanan.

4. Taruh ikan guppy ke dalam ember

Langkah selanjutnya yaitu menaruh ikan guppy ke dalam ember. Hal penting yang harus diketahui jika ikan masih didalam wadah plastik adalah jangan langsung memasukkan ikan kedalam ember. Taruh saja wadah plastik didalam ember hingga. Fungsinya agar ikan menyesuaikan diri terlebih dahulu dengan air yang sdauh kita siapkan didalam ember.

5. Rajin bersihkan ember

Rajin-rajinlah untuk selalu membersihkan ember yang sudah berisi ikan guppy. Ember yang terlalu kotor karena lumut, sisa makanan maupun kotoran ikan itu sendiri dapat menyebabkan penyakit pada ikan guppy yang bisa berujung pada kematian ikan. Jika kualitas air sudah kurang bagus kamu bisa menggantinya dengan air yang baru. Caranya buang seperempat atau separo air didalam ember lalu masukkan air yang baru.

Begitulah cara budidaya ikan guppy di ember yang bisa kamu lakukan. Tidak perlu lahan yang luas dan tidak membutuhkan banyak biaya kamu sudah bisa berpenghasilan dari bisnis ternak ikan guppy.

2 pemikiran pada “5 Cara Budidaya Ikan Guppy Di Ember”

Tinggalkan komentar